Askuning 15

Senin, 13 Juni 2011

SILABUS PAI SMA

                                                                                                                                     S I L A B U S  
Nama Sekolah         :  SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
K e l a s                   :  XII Program IPA – IPS
Semester                 :  1 ( Ganjil )
Standar Kopetensi  :  1. Memahami ayat – ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi

KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

KTT

KMTT

1.1        Membaca  QS Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29



·       QS Al Kafirun
·       QS Yunus; 40-41
·         QS Al-Kahfi; 29


  • Membaca QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
·         Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29

Siswa diberi tugas membaca
dengan baik
QS.Al Kafirun,
QS. Yunus, dan AL Kahfi : 29 Secara perorang an.

Siswa diberi tugas Mengidentifikasi
Tajwid QS.Al Kafirun dan QS.
Yunus : 40-41
Dan Al Kahfi : 29

·         Mampu membaca QS Al kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 dengan baik dan benar
  • Mampu mengidentifikasi tajwid Q.S. Al kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29 dengan benar


Sikap dan tindakan
yang menghargai
Perbedaan Agama
Suku, etnis, penda
pat, sikap,dan tin-
dakan orang lain
yang berbeda dari dirinya dan bersi-
kap toleran terha-
dap pelaksanaan ibadah Agama lain
serta hidup rukun
dengan agama lain


Jenis tagihan :
Tugas individu




Bentuk instrumen
Lbr Pengamatan



2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas XIi.
- Buku-buku dan
  Sumber lain yg 
  Relevan.

1.2        Menjelaskan arti  QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29


·       QS Al-Kafirun
·       QS Yunus; 40-41
·         QS Al-Kahfi; 29


  • Mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
  • Mengartikan ayat QS Al kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29.
  • Mendiskusikan terjemah QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.






  • Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.
  • Mampu mengartikan ayat QS Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29.
  • Mampu menterjemahkan QS Al Kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29.



  Jenis tagihan
  Tugas ndividu
  Ulangan

Bentuk     instrumen
Uraian    singkat

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas XI.
- Buku-buku
  yang  relevan.



                                                                                                                                Indramayu, Juni 2011
                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran

                                                                                                    

                                                                                                                                   Al  Asy'ari, S.Ag



                                                                                                                                   S I L A B U S
Nama Sekolah         :  SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
K e l a s                   :  XII Program IPA – IPS
Semester                 :  1 ( Ganjil )
Standar Kopetensi  :  2. Memahami ayat – ayat Al Qur’an tentang Etos kerja

KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

TT

KMTT

2.1      Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10


  • Q.S. Al-Mujadalah : 11
  • Q.S. Al-Jumuah :  9-10

  • Membaca QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mengidentifikasi tajwid QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.


Membaca QS.
Al Mujadilah : 11
Dan QS. AL Jumuah : 9-10
Secara perora
Ngan.

Mengidentifika
Si Tajwid dari
QS. Al Mujadilah
11 dan Al Jumu
Ah : 9-10 secara
perorangan

  • Mampu membaca QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10 dengan baik dan benar
  • Mampu mengidentifikasi tajwid QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.


Tindakan yang
menunjukkan
prilaku tertib
dan patuh pada
berbagai keten
tuan dan pera-
turan.





Jenis tagihan :
  Tugas individu

Bentuk instrumen
 Lbr  pengamatan


2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas XII.
- Buku-buku
  yang  relevan.

2.2     Menjelaskan arti QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10


·       Q.S. Al-Mujadalah : 11
·       Q.S. Al-Jumuah :  9-10

  • Mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mengartikan ayat  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mendiskusikan terjemah QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10






  • Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mampu mengartikan ayat  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mampu menterjemahkan QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10


Prilaku yang menunjukan upaya
Sungguh- sungguh
dalam mengatasi berbagai hambatan
belajar dan tugas
Serta menyelesai -
kan tugas dengan
sebaik- baiknya.



Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian singkat

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas XII.
- Buku-buku
  yang  relevan.


KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
             KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

TT

KMTT

2.3       Membiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11, dan QS Al-Jumuah: 9-10


·          QS Al-Mujadalah : 11
·         QS. Al-Jumuah : 9-10


  • Mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan   QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan  QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10


Siswa diberi tugas untuk me
Laksanakan tata
Tertib sekolah.

Siswa diberi lem
Bar kerja untuk
Dikerjakan dirumah yang berkaitan dengan
Tanggung jawab sebagai siswa.

  • Mampu mengidentifikasi perilaku etos kerja sesuai dengan   QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mampu mempraktikkan perilaku etos kerja seperti yang terkandung dalam  QS Al Mujadalah: 11 dan QS Al Jumuah : 9-10.
  • Mampu menunjukkan perilaku etos kerja sesuai dengan  QS Al Mujadalah :11 dan QS Al Jumuah : 9-10


Prilaku yang menunjukan upaya
Sungguh- sungguh
dalam mengatasi berbagai hambatan
belajar dan tugas
Serta menyelesai -
kan tugas dengan
sebaik- baiknya.



  Jenis tagihan
  Tugas individu

Bentuk instrumen
 Lmbr pengamatan

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas XII.
- Buku-buku
  yang  relevan.


                         

















                                                                                                                                     S I L A B U S
Nama Sekolah         :  SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
K e l a s                   :  XII Program IPA – IPS
Semester                 :  1 ( Ganjil )
Standar Kopetensi  :  3. Meningkatkan keimanan kepada hari Akhir.


KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

TT

KMTT

3.1   Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir


Iman kepada Hari Akhir.

·      Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
·      Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
·      Menerapkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.


Siswa diberi tugas untuk melakukan per
Buatan yang mencerminkan
Keimanan kepada hari akhir.

 Siswa diberi
 Tugas mengisi    
 Instrument kegiatan keagamaan di
Kampungnya
Masing-masing.

·      Mampu menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
·      Mampu menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir.
·      Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari


Sikap dan prilaku
Yang patuh dalam
Melaksanakan aja
Ran agamanya
Sebagai cerminan
Rasa takut kepada
Balasan yang akan
Diterimanya di hari
Akhir.

   Jenis tagihan
   Tugas individu

Bentuk instrumen
  Lembar pengamatan

      2  jam

- Buku PAI kelas XII.
- Buku-buku
  yang  relevan.

3.2   Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir


Hikmah beriman kepada hari akhir

·      Mengidentifikasi hikmah yang terkandung dalam beriman kepada Hari Akhir.
·      Mendiskusikan hikmah beriman kepada hari akhir.
·      Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah beriman kepada Hari Akhir.
·      Menunjukkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.






·      Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir.
·      Mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir
·      Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir.




  Jenis tagihan
   Ulangan

Bentuk instrumen
   Uraian bebas

2 jam

- Al-Quran
- Buku PAI kelas XII.
- Buku-buku
  yang  relevan.




                          


                    














                                                                                                                             S I L A B U S
Nama Sekolah         :  SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
K e l a s                   :  XII Program IPA – IPS
Semester                 :  1 ( Ganjil )
Standar Kopetensi  :  4. Membiasakan prilaku terpuji


KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

TT

KMTT

4.1   Menjelaskan pengertian adil, ridha, dan amal shaleh


Adil, Ridha dan Amal saleh :
·         Pengertian Adil
·         Pengertian Ridha
·         Pengertian Amal saleh

·         Mendiskusikan pengertian adil.
·         Mendiskusikan pengertian  ridha.
·         Mendiskusikan pengertian amal shaleh.

Siswa diberi tugas untuk memberi contoh prilaku adil, ridho dan amal
Shaleh.

Siswa diberi
Tugas untuk
Mengidentifikasi
Prilaku masyarakat
Yang berkaitan
Dengan Adil,
Ridho, dan
Amal shaleh

  • Mampu menjelaskan pengertian adil
  • Mampu menjelaskan pengertian ridha
  • Mampu menjelaskan pengertian amal saleh.


Prilaku yang dida
Sarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai
Orang yang selalu dapat dipercaya, dalam
Perkataan,

  Jenis tagihan
  Tugas    individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian singkat

2 jam

- Buku PAI kelas XII.
- Buku-buku
  yang  relevan.
- Internet.

4.2.  Menampilkan contoh perilaku adil, ridha, dan amal shaleh


Adil, Ridha dan Amal saleh :
·         Contoh perilaku adil
·         Contoh perilaku ridha
·         Contoh perilaku amal saleh.


·         Mempraktikkan contoh perilaku adil.
·         Mempraktikkan contoh perilaku ridha.
·         Mempraktikkan contoh perilaku amal shaleh.





  • Menampilkan contoh perilaku adil.
  • Menampilkan contoh perilaku ridha.
  • Menampilkan contoh perilaku amal saleh.



Jenis tagihan :
  Tugas individu

Bentuk instrumen
  Lembar pengamatan

2 jam

- Buku PAI kelas XII.
- Buku-buku
  yang  relevan.

4.3   Membiasakan perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari


Adil, Ridha dan Amal saleh :
·         Pembiasaan perilaku adil
·         Pembiasaan perilaku ridha
·         Pembiasaan perilaku amal shaleh.


  • Berlatih berperilaku adil.
  • Berlatih berperilaku ridha.
  • Berlatih berperilaku amal shaleh.






  • Menunjukkan perilaku adil.
  • Menunjukkan perilaku ridha.
  • Menunjukkan perilaku amal shaleh.



Jenis tagihan :
  Sikap individu

Bentuk instrumen
  Lembar pengamatan

2 jam

- Buku PAI kelas XII.
- Buku-buku
  yang  relevan.



                      


                   









                                                                                                                           S I L A B U S
Nama Sekolah         :  SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
K e l a s                   :  XII Program IPA – IPS
Semester                 :  1 ( Ganjil )
Standar Kopetensi  :  5. Memahami hokum Islam tentang hukum keluarga.


KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

TT

KMTT

5.1  Menjelaskan  ketentuan hukum  perkawinan dalam Islam


Ketentuan hukum pernikahan dalam Islam
·         Rukun nikah
·         Muhrim
·         Kewajiban suami istri.
·         Talak
·         Ruju’


·      Mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang nikah.
·      Mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang talak.
·      Mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang ruju’.


Siswa diberi tugas untuk mengidentifikasi
Rukun nikah,
Dan kewajiban suami istri.

 Siswa diberi  tu
 Gas untuk
 Mengidentifikasi
 Keluarga yang
 Termasuk muh
 rim.

·      Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah
·      Menjelaskan hukum Islam tentang talak
·      Menjelaskan hukum Islam tentang  ruju’.


Sikap dan prilaku yang
Patuh dalam melaksana
Kan agamanya.

  Jenis tagihan
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian singkat

4 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas XII.
- Buku-buku
  yang  relevan.
-Buku UU No 1/1974.

5.2  Menjelaskan hikmah perkawinan


Hikmah perkawinan

·      Mendiskusikan tentang hikmah pernikahan dalam Islam.
·      Mendiskusikan tentang hikmah talak.
·      Mendiskusikan tentang hikmah ruju’.

   

   

·      Menjelaskan hikmah nikah
·      Menjelaskan hikmah talak
·      Menjelaskan hikmah ruju’.


Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian singkat


2 jam

- Buku PAI kelas XII.
- Buku-buku
  yang  relevan.
-Buku UU No 1/1974.
- Internet.

5.3     Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia


Ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia.

·      Mencari literatur tentang perundang-undang perkawinan di Indonesia.
·      Mendiskusikan tentang ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia.
·      Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia.





·      Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia.
·      Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia.



Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian singkat


2 jam

- Buku PAI kelas XII.
- Buku-buku
  yang  relevan.
-Buku UU No 1/1974.
- Internet.













                                                                                                                              S I L A B U S
Nama Sekolah         :  SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
K e l a s                   :  XII Program IPA – IPS
Semester                 :  1 ( Ganjil )
Standar Kopetensi  :  6. Memahami perkembangan Islam di Indonesia


KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

TT

KMTT

6.1     Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia


Perkembangan Islam di Indonesia.

·      Mencari literatur tentang perkembangan Islam diIndonesia.
·      Mendiskusikan perkembangan Islam di Indonesia.
·      Menunjukkan manfaat  sejarah perkembangan Islam di Indonesia.


Siswa diberi tugas untuk mengidentifika
Si proses masuknya islam di Indone
Sia.

Siswa diberi tugas untuk mencari literature
Masuknya Islam
Di Indonesia.

·      Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
·      Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia.


Sikap dan tindakan
Yang selalu berupa
Ya untuk lebih mengetahui lebih
Mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya,
Dilihat, dan didengar.

 Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian bebas

2 jam

- Buku PAI kelas XII
- Buku - 
  buku
  yang  relevan.
- Internet.

6.2  Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia


Contoh perkembangan Islam di Indonesia

·      Mengidentifikasi contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia.
·      Mendiskusikan contoh perkembangan Islam di Indonesia.






·      Mampu menentukan ciri-ciri  perkembangan Islam di Indonesia
·      Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di  Indonesia



  Jenis tagihan
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan

Bentuk instrumen
Uraian bebas


2 jam

- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.
- Internet.

6.3  Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia


Hikmah perkembangan Islam di Indonesia.

·      Mengidentifikasi perkembangan Islam di Indonesia
·      Mendiskusikan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.
·      Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah perkembangan Islam di Indonesia.






·      Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di Indonesia.
·      Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia.



  Jenis tagihan :
Tugas individu
Tugas kelompok
Ulangan

Bentuk instrumen
Uraian bebas


2 jam

- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.
- Internet.

                                                                                                                                Indramayu, Juni 2011
                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran

                                                                                                    

                                                                                                                                    Al  Asy'ari, S.Ag


                             


                      











                                                                                                                                 S I L A B U S
Nama Sekolah         :  SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
K e l a s                   :  XII Program IPA – IPS
Semester                 :  2 ( Genapl )
Standar Kopetensi  :  7. Memahami ayat Al Qur’an tentang pengembangan IPTEK


KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER
 BELAJAR

TM

TT

KMTT

7.1   Membaca  QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164


·         Al Quran Surat  Yunus; 101
·         Al Quran Surat Al-Baqarah: 164

·         Membaca  QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
·         Mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.


Siswa diberi tugas untuk
Membaca deng
an baik QS. Yu
nus 101.dan
QS. Al Baqoroh
164

Siswa diberi tugas untuk
Mengartikan
Kata demi kata
Dari QS. Yunus
101.

·         Mampu membaca  QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar.
·         Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.


Sikap dan tindakan
Yang selalu berupa
Ya untuk lebih mengetahui lebih
Mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya,
Dilihat, dan
didengar.

  Jenis tagihan
  Tugas individu

Bentuk instrumen
  Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Quran dan
  terjemah.
- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.

7.2       Menjelaskan arti  QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164


·           Al Quran surat Yunus; 101
·           Al Quran Surat Al Baqarah: 164


·         Mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam   QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
·         Mengartikan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
·         Mendiskusikan terjemah Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164






·         Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam   QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164
·         Mampu mengartikan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164.
·         Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164



  Jenis tagihan
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian singkat

2 jam

   terjemah.
- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.

7.3       Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS  Al-Baqarah: 164


·           Al Quran surat Yunus; 101
·           Al Quran Surat Al Baqarah: 164


·         Mendiskusikan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
·         Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 tentang  pengembangan IPTEK





·         Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK
·         Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK



Jenis tagihan :
  Ulangan
  Tugas individu

Bentuk instrumen
 Lembar pengamatan

2 jam

- Al-Quran dan
  terjemah.
- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.


                                                                                                                               Indramayu, Juni 2011
                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran

                                                                                                    

                                                                                                                                  Al  Asy'ari, S.Ag
                                                                                                     



                          








                                                                                                                        S I L A B U S
Nama Sekolah         :  SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
K e l a s                   :  XII Program IPA – IPS
Semester                 :  2 ( Genapl )
Standar Kopetensi  :  8. Meningkatkan keimanan kepada Qodho dan Qodar


KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER
BELAJAR

TM

TT

KMTT

8.1   Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar


Iman kepada qadha dan qadar :
- Tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.

  • Mengidentifikasi tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.
  • Mendiskusikan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar

Siswa diberi tu
Gas untuk meng identifika
Si Qodho dan
Qodar.

Siswa diberi tugas untuk men
Diskusikan tanda
Tanda keimanan
Kepada Qodho dan Qodar.


  • Menjelaskan pengertian qadha dan qadar.
  • Menjelaskan pengertian keimanan kepada qadha dan qadar.
  • Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar.


Sikap dan prilaku
Yang patuh dalam
Menjalankan agama
Yang dianutnya.

  Jenis tagihan
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian bebas


2 jam

- Buku PAI
  kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.

8.2   Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar


Hikmah beriman kepada qadha dan qadar.

  • Mengidentifikasi hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.
  • Mendiskusikan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.
  • Menerapkan perilaku hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar.






  • Menjelaskan hikmah beriman kepada qadha dan qadar.

  • Menunjukkan perilaku ikhtiar dan tawakkal dalam kehidupan sehari-hari.




 Jenis tagihan :
   Tugas individu
   Ulangan

Bentuk instrumen
   Uraian singkat
  Lembar pengamatan

2 jam

- Buku PAI
   kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.



                                                                                                                              Indramayu, Juni 2011
                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran

                                                                                                    

                                                                                                                                 Al  Asy'ari, S.Ag

















                                                                                                                                  S I L A B U S
Nama Sekolah         :  SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
K e l a s                   :  XII Program IPA – IPS
Semester                 :  2 (  Genap  )
Standar Kopetensi  :  9.  Membiasakan prilaku terpuji

KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI  BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

TT

KMTT

9.1     Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan


Persatuan dan Kerukunan :
·         Pengertian dan maksud persatuan.
·         Pengertian dan maksud kerukunan


  • Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian persatuan.
  •  Mengkaji dan mendiskusikan tentang pengertian kerukunan

Siswa diberi tugas diskusi
Tentang persa
Tuan dan keru
Kunan.

Siswa diberi tugas untuk membuat daftar
Kegiatan di ma
Syarakat yang
Mencerminkan persatuan dan kerukunan.

  • Mampu menjelaskan pengertian dan maksud persatuan.
  • Mampu menjelaskan pengertian dan maksud kerukunan.


Sikap, perkataan,
Dan tindakan yang
Menyebabkan
Orang lain merasa
Senang dan aman
Atas kehadiran
Dirinya.

  Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian singkat

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.

9.2     Menampilkan contoh perilaku  persatuan dan kerukunan


·         Contoh perilaku Persatuan
·         Contoh perilaku Kerukunan


  • Menampilkan contoh perilaku persatuan.
  • Menampilkan contoh perilaku kerukunan





  • Mampu menunjukkan contoh perilaku yang bermuatan persatuan.
  • Mampu menunjukkan contoh perilaku bermuatan kerukunan


Jenis tagihan :
  Perilaku individu

Bentuk instrumen
  Lembar pengamatan


2 jam

- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.

9.3     Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari


Persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Mempraktikkan perilaku persatuan dalam pembelajaran.
  • Mempraktikkan perilaku kerukunan dalam pembelajaran.





  • Membiasakan perilaku persatuan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menunjukkan perilalku rukun dalam pergaulan.




Jenis tagihan :
  Perilaku individu

Bentuk instrumen
  Lembar pengamatan

2 jam

- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.


                           

                                                                                                                             Indramayu, Juni 2011
                                                                                                                             Guru Mata Pelajaran

                                                                                                    

                                                                                                                                 Al  Asy'ari, S.Ag

               










                                                                                                                              S I L A B U S
Nama Sekolah         :  SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
K e l a s                   :  XII Program IPA – IPS
Semester                 :  2 ( Genap )
Standar Kopetensi  :  10. Menghindari prilaku tercela

KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI  BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

TT

KMTT

10.1.  Menjelaskan
          pengertian
          isyrof, tabzir,
          ghibah, dan
          fitnah


Perilaku tercela
Pengertian :
·        Isyrof
·        Tabzir
·        Ghibah
·        Fitnah

·      Merumusukan  pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·      Mendiskusikan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah

Siswa diberi tugas untuk
Mengidentifika
Si Isyrof, Tabdir
Gibah, dan Fit
Nah.

 Siswa diberi tu
Gas untuk meng
Identifikasi perila
Ku isrof dalam ke
Giatan sehari-hari.

·      Mampu menjelaskan pengertian isyrof
·      Mampu menjelaskan pengertian tabzir
·      Mampu menjelaskan pengertian ghibah.
·      Mampu menjelaskan pengertian fitnah


Sikap dan prilaku
Yang patuh dalam melaksana
Kan ajaran agama yang dia-
Nutnya.


  Jenis tagihan
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian singkat

2 jam

- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.
- Internet.

10.2    Menjelaskan contoh  perilaku  isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah


Contoh perilaku :
·        Isyrof
·        Tabzir
·        Ghibah
·        Fitnah

·      Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah
·      Mendiskusikan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah





·      Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof
·      Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir
·      Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah
·      Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah



Jenis tagihan :
Tugas individu
Ulangan

Bentuk instrumen
Uraian singkat

2 jam

- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.

10.3    Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari


Menghindari perilaku :
·        Isyrof
·        Tabzir
·        Ghibah
·        Fitnah

·      Mengkaji faktor-faktor buruk perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·      Mengkaji cara-cara menghindari  perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah
·      Membiasakan menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah





·      Mampu menghindari perilaku isyraf.
·      Mampu menghindari perilaku tabzir
·      Mampu menghindari perilaku ghibah
·      Mampu menghindari prilaku fitnah
·      Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah



Jenis tagihan :
  Sikap individu

Bentuk instrumen
  Lembar pengamatan

2 jam

- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.


 I                                                                                                                              Indramayu, Juni 2011
                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran

                                                                                                    

                                                                                                                                     Al  Asy'ari, S.Ag


                     










                                                                                                                             S I L A B U S
Nama Sekolah         :  SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
K e l a s                   :  XII Program IPA – IPS
Semester                 :  2 ( Genap )
Standar Kopetensi  :  11. Memahami hukum Islam tentang Mawaris

KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI  BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

TT

KMTT

11.1  Menjelaskan
         Ketentuan
         ketentuan hukum
         Mawaris


Ketentuan hukum Waris:
  • Syarat-syarat pembagian warisan
  • Ketentuan ahli waris
  • Hal-hal yang membatalkan hak waris.

Mengkaji dan mendiskusikan tentang ketentuan hukum waris berdasarkan pada perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Siswa diberi tu
Gas mendisku
Sikan tentang
Undang-undng
Mawaris di Indo
Nesia.

Siswa diberi tugas untuk mengidentifikasi
Ahli waris di kelu
Arganya masing
Masing.

  • Mampu menjelaskan ketentuan hukum waris
  • Mampu menjelaskan tentang ahli waris
  • Mampu menjelaskan pembagian masing-masing ahli waris.


Sikap dan prilaku
Yang patuh dalm
Melaksanakan
Ajaran agama yang dianutnya.

  Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian bebas.

2 jam

- Al-Quran dan terjemah.
- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.

11.2  Menjelaskan
         Contoh
         Pelaksanaan
         hukum waris


Contoh pelaksanaan hukum waris
  • Contoh perhitungan warisan

  • Mendiskusikan tentang contoh pelaksanaan hukum waris menurut undang-undang waris di Indonesia
  • Mendiskusikan tentang contoh-contoh pelaksanaan waris menurut hukum adat






  • Menyebutkan contoh pelaksanaan hukum waris yang terdapat dalam undang-undang waris
  • Memperagakan cara-cara menghitung pembagian warisan secara Islam


  Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian bebas


2 jam

- Buku PAI kelas XII
- Buku-buku
  yang  relevan.



                                                                                                                                Indramayu, Juni 2011
                                                                                                                                Guru Mata Pelajaran

                                                                                                    

                                                                                                                                      Al  Asy'ari, S.Ag











                                                                                                                                  S I L A B U S 
Nama Sekolah         :  SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran        :  Pendidikan Agama Islam
K e l a s                   :  XII Program IPA – IPS
Semester                 :  2 ( Genap )
Standar Kopetensi  :  12. Memahami perkembangan Islam di dunia.


KOMPETENSI DASAR

MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIAATAN PEMBEL AJARAN

INDIKATOR
KOMPETENSI

DESKRIPSI
NILAI  BKB

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

TM

TT

KMTT

12.1 . Menjelaskan
          Perkembangan
          Islam di dunia


Perkembangan Islam di dunia

  • Membaca literatur tentang perkembangan Islam di dunia
  • Mendiskusikan perkembangan Islam di dunia

Siswa diberi tu
Gas untuk mendiskusikan
Perkembangan
Islam di dunia.

Siswa diberi tugas untuk mencari literature
Tentang perkembangan islam di dunia.

  • Mampu menjelaskan perkembangan Islam di dunia
  • Mampu mengidentifikasi manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di dunia.

Sikap dan tinda
Kan yang selalu
Berupaya untuk mengetahui le
Bih mendalam
Dan meluas dari
Sesuatu yang
Dipelajarinya,
Dilihat dan dide
Ngarnya.

  Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian bebas

2 jam

- Buku PAI kelas XII
- Internet
- Buku-buku
  yang  relevan.
- Internet

12.2 . Menampilkan
          Contoh
          Perkembangan
          Islam di dunia


Perkembangan Islam di dunia

  • Mengidentifikasi perkembangan Islam di dunia
  • Mendiskusikan contoh perkembangan Islam di dunia.





  • Menjelaskan contoh perkembangan Islam di
dunia
  • Mampu memberikan contoh perkembangan Islam di dunia






  Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian singkat


2 jam

- Buku PAI kelas XII
- Internet
- Buku-buku
  yang  relevan.


12.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia


Hikmah perkembangan Islam di dunia

  • Mengidentifikasi perkembangan Islam di dunia.
  • Mendiskusikan hikmah perkembangan Islam di dunia.
  • Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah perkembangan Islam di dunia.





  • Mampu mengidentifikasi hikmah  perkembangan Islam di dunia.
  • Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di dunia.



Jenis tagihan :
  Tugas individu
  Ulangan

Bentuk instrumen
  Uraian bebas


2 jam

- Buku PAI kelas XII
- Internet
- Buku-buku
  yang  relevan.












                                                                                                                                Indramayu, Juni 2011
                                                                                                                               Guru Mata Pelajaran

                                                                                                    

                                                                                                                                   Al  Asy'ari, S.Ag

           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar