S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
K e l a s : XII Program IPA – IPS
Semester : 1 ( Ganjil )
Standar Kopetensi : 1. Memahami ayat – ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | KTT | KMTT | |||||||
1.1 Membaca QS Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29 | · QS Al Kafirun · QS Yunus; 40-41 · QS Al-Kahfi; 29 |
· Mengidentifikasi tajwid Q.S. Al Kafirun, QS Yunus, 40-41, dan QS Al Kahfi : 29 | Siswa diberi tugas membaca dengan baik QS.Al Kafirun, QS. Yunus, dan AL Kahfi : 29 Secara perorang an. | Siswa diberi tugas Mengidentifikasi Tajwid QS.Al Kafirun dan QS. Yunus : 40-41 Dan Al Kahfi : 29 | · Mampu membaca QS Al kafirun, QS Yunus : 40-41 dan QS Al Kahfi : 29 dengan baik dan benar
| Sikap dan tindakan yang menghargai Perbedaan Agama Suku, etnis, penda pat, sikap,dan tin- dakan orang lain yang berbeda dari dirinya dan bersi- kap toleran terha- dap pelaksanaan ibadah Agama lain serta hidup rukun dengan agama lain | Jenis tagihan : Tugas individu Bentuk instrumen Lbr Pengamatan | 2 jam | - Al-Quran dan terjemah. - Buku PAI kelas XIi. - Buku-buku dan Sumber lain yg Relevan. |
1.2 Menjelaskan arti QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29 | · QS Al-Kafirun · QS Yunus; 40-41 · QS Al-Kahfi; 29 |
|
| Jenis tagihan Tugas ndividu Ulangan Bentuk instrumen Uraian singkat | 2 jam | - Al-Quran dan terjemah. - Buku PAI kelas XI. - Buku-buku yang relevan. |
Indramayu, Juni 2011
Guru Mata Pelajaran
Al Asy'ari, S.Ag
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
K e l a s : XII Program IPA – IPS
Semester : 1 ( Ganjil )
Standar Kopetensi : 2. Memahami ayat – ayat Al Qur’an tentang Etos kerja
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | TT | KMTT | |||||||
2.1 Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10 |
|
| Membaca QS. Al Mujadilah : 11 Dan QS. AL Jumuah : 9-10 Secara perora Ngan. | Mengidentifika Si Tajwid dari QS. Al Mujadilah 11 dan Al Jumu Ah : 9-10 secara perorangan |
| Tindakan yang menunjukkan prilaku tertib dan patuh pada berbagai keten tuan dan pera- turan. | Jenis tagihan : Tugas individu Bentuk instrumen Lbr pengamatan | 2 jam | - Al-Quran dan terjemah. - Buku PAI kelas XII. - Buku-buku yang relevan. |
2.2 Menjelaskan arti QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10 | · Q.S. Al-Mujadalah : 11 · Q.S. Al-Jumuah : 9-10 |
|
| Prilaku yang menunjukan upaya Sungguh- sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas Serta menyelesai - kan tugas dengan sebaik- baiknya. | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian singkat | 2 jam | - Al-Quran dan terjemah. - Buku PAI kelas XII. - Buku-buku yang relevan. |
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | TT | KMTT | |||||||
2.3 Membiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11, dan QS Al-Jumuah: 9-10 | · QS Al-Mujadalah : 11 · QS. Al-Jumuah : 9-10 |
| Siswa diberi tugas untuk me Laksanakan tata Tertib sekolah. | Siswa diberi lem Bar kerja untuk Dikerjakan dirumah yang berkaitan dengan Tanggung jawab sebagai siswa. |
| Prilaku yang menunjukan upaya Sungguh- sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas Serta menyelesai - kan tugas dengan sebaik- baiknya. | Jenis tagihan Tugas individu Bentuk instrumen Lmbr pengamatan | 2 jam | - Al-Quran dan terjemah. - Buku PAI kelas XII. - Buku-buku yang relevan. |
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
K e l a s : XII Program IPA – IPS
Semester : 1 ( Ganjil )
Standar Kopetensi : 3. Meningkatkan keimanan kepada hari Akhir.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | TT | KMTT | |||||||
3.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir | Iman kepada Hari Akhir. | · Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir. · Mempraktikkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir. · Menerapkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir. | Siswa diberi tugas untuk melakukan per Buatan yang mencerminkan Keimanan kepada hari akhir. | Siswa diberi Tugas mengisi Instrument kegiatan keagamaan di Kampungnya Masing-masing. | · Mampu menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir. · Mampu menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir. · Memperbanyak beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari | Sikap dan prilaku Yang patuh dalam Melaksanakan aja Ran agamanya Sebagai cerminan Rasa takut kepada Balasan yang akan Diterimanya di hari Akhir. | Jenis tagihan Tugas individu Bentuk instrumen Lembar pengamatan | 2 jam | - Buku PAI kelas XII. - Buku-buku yang relevan. |
3.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir | Hikmah beriman kepada hari akhir | · Mengidentifikasi hikmah yang terkandung dalam beriman kepada Hari Akhir. · Mendiskusikan hikmah beriman kepada hari akhir. · Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah beriman kepada Hari Akhir. · Menunjukkan hikmah beriman kepada Hari Akhir. | · Menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir. · Mendeskripsikan hikmah beriman kepada hari akhir · Menerapkan hikmah beriman kepada Hari Akhir. | Jenis tagihan Ulangan Bentuk instrumen Uraian bebas | 2 jam | - Al-Quran - Buku PAI kelas XII. - Buku-buku yang relevan. |
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
K e l a s : XII Program IPA – IPS
Semester : 1 ( Ganjil )
Standar Kopetensi : 4. Membiasakan prilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | TT | KMTT | |||||||
4.1 Menjelaskan pengertian adil, ridha, dan amal shaleh | Adil, Ridha dan Amal saleh : · Pengertian Adil · Pengertian Ridha · Pengertian Amal saleh | · Mendiskusikan pengertian adil. · Mendiskusikan pengertian ridha. · Mendiskusikan pengertian amal shaleh. | Siswa diberi tugas untuk memberi contoh prilaku adil, ridho dan amal Shaleh. | Siswa diberi Tugas untuk Mengidentifikasi Prilaku masyarakat Yang berkaitan Dengan Adil, Ridho, dan Amal shaleh |
| Prilaku yang dida Sarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai Orang yang selalu dapat dipercaya, dalam Perkataan, | Jenis tagihan Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian singkat | 2 jam | - Buku PAI kelas XII. - Buku-buku yang relevan. - Internet. |
4.2. Menampilkan contoh perilaku adil, ridha, dan amal shaleh | Adil, Ridha dan Amal saleh : · Contoh perilaku adil · Contoh perilaku ridha · Contoh perilaku amal saleh. | · Mempraktikkan contoh perilaku adil. · Mempraktikkan contoh perilaku ridha. · Mempraktikkan contoh perilaku amal shaleh. |
| Jenis tagihan : Tugas individu Bentuk instrumen Lembar pengamatan | 2 jam | - Buku PAI kelas XII. - Buku-buku yang relevan. | |||
4.3 Membiasakan perilaku adil, ridha, dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari | Adil, Ridha dan Amal saleh : · Pembiasaan perilaku adil · Pembiasaan perilaku ridha · Pembiasaan perilaku amal shaleh. |
|
| Jenis tagihan : Sikap individu Bentuk instrumen Lembar pengamatan | 2 jam | - Buku PAI kelas XII. - Buku-buku yang relevan. |
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
K e l a s : XII Program IPA – IPS
Semester : 1 ( Ganjil )
Standar Kopetensi : 5. Memahami hokum Islam tentang hukum keluarga.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | TT | KMTT | |||||||
5.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam | Ketentuan hukum pernikahan dalam Islam · Rukun nikah · Muhrim · Kewajiban suami istri. · Talak · Ruju’ | · Mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang nikah. · Mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang talak. · Mendiskusikan ketentuan hukum Islam tentang ruju’. | Siswa diberi tugas untuk mengidentifikasi Rukun nikah, Dan kewajiban suami istri. | Siswa diberi tu Gas untuk Mengidentifikasi Keluarga yang Termasuk muh rim. | · Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang nikah · Menjelaskan hukum Islam tentang talak · Menjelaskan hukum Islam tentang ruju’. | Sikap dan prilaku yang Patuh dalam melaksana Kan agamanya. | Jenis tagihan Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian singkat | 4 jam | - Al-Quran dan terjemah. - Buku PAI kelas XII. - Buku-buku yang relevan. -Buku UU No 1/1974. |
5.2 Menjelaskan hikmah perkawinan | Hikmah perkawinan | · Mendiskusikan tentang hikmah pernikahan dalam Islam. · Mendiskusikan tentang hikmah talak. · Mendiskusikan tentang hikmah ruju’. | · Menjelaskan hikmah nikah · Menjelaskan hikmah talak · Menjelaskan hikmah ruju’. | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian singkat | 2 jam | - Buku PAI kelas XII. - Buku-buku yang relevan. -Buku UU No 1/1974. - Internet. | |||
5.3 Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia | Ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia. | · Mencari literatur tentang perundang-undang perkawinan di Indonesia. · Mendiskusikan tentang ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia. · Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia. | · Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan tentang perkawinan di Indonesia. · Menguraikan kompilasi hukum tentang perkawinan di Indonesia. | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian singkat | 2 jam | - Buku PAI kelas XII. - Buku-buku yang relevan. -Buku UU No 1/1974. - Internet. |
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
K e l a s : XII Program IPA – IPS
Semester : 1 ( Ganjil )
Standar Kopetensi : 6. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | TT | KMTT | |||||||
6.1 Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia | Perkembangan Islam di Indonesia. | · Mencari literatur tentang perkembangan Islam diIndonesia. · Mendiskusikan perkembangan Islam di Indonesia. · Menunjukkan manfaat sejarah perkembangan Islam di Indonesia. | Siswa diberi tugas untuk mengidentifika Si proses masuknya islam di Indone Sia. | Siswa diberi tugas untuk mencari literature Masuknya Islam Di Indonesia. | · Mampu menjelaskan masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia · Mampu menguraikan manfaat yang dapat diambil dari sejarah perkembangan Islam di Indonesia. | Sikap dan tindakan Yang selalu berupa Ya untuk lebih mengetahui lebih Mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, Dilihat, dan didengar. | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian bebas | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Buku - buku yang relevan. - Internet. |
6.2 Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia | Contoh perkembangan Islam di Indonesia | · Mengidentifikasi contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia. · Mendiskusikan contoh perkembangan Islam di Indonesia. | · Mampu menentukan ciri-ciri perkembangan Islam di Indonesia · Mampu menunjukkan contoh-contoh perkembangan Islam di Indonesia | Jenis tagihan Tugas individu Tugas kelompok Ulangan Bentuk instrumen Uraian bebas | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. - Internet. | |||
6.3 Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di Indonesia | Hikmah perkembangan Islam di Indonesia. | · Mengidentifikasi perkembangan Islam di Indonesia · Mendiskusikan hikmah perkembangan Islam di Indonesia. · Mempresentasikan hasil diskusi tentang hikmah perkembangan Islam di Indonesia. | · Mampu mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di Indonesia. · Mampu menjelaskan hikmah perkembangan Islam di Indonesia. | Jenis tagihan : Tugas individu Tugas kelompok Ulangan Bentuk instrumen Uraian bebas | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. - Internet. |
Guru Mata Pelajaran
Al Asy'ari, S.Ag
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
K e l a s : XII Program IPA – IPS
Semester : 2 ( Genapl )
Standar Kopetensi : 7. Memahami ayat Al Qur’an tentang pengembangan IPTEK
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | TT | KMTT | |||||||
7.1 Membaca QS Yunus:101 dan QS Al-Baqarah: 164 | · Al Quran Surat Yunus; 101 · Al Quran Surat Al-Baqarah: 164 | · Membaca QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 · Mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164. | Siswa diberi tugas untuk Membaca deng an baik QS. Yu nus 101.dan QS. Al Baqoroh 164 | Siswa diberi tugas untuk Mengartikan Kata demi kata Dari QS. Yunus 101. | · Mampu membaca QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 dengan baik dan benar. · Mampu mengidentifikasi tajwid QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164. | Sikap dan tindakan Yang selalu berupa Ya untuk lebih mengetahui lebih Mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, Dilihat, dan didengar. | Jenis tagihan Tugas individu Bentuk instrumen Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Quran dan terjemah. - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. |
7.2 Menjelaskan arti QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164 | · Al Quran surat Yunus; 101 · Al Quran Surat Al Baqarah: 164 | · Mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 · Mengartikan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164. · Mendiskusikan terjemah Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 | · Mampu mengartikan masing-masing kata yang terdapat dalam QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164 · Mampu mengartikan ayat QS Yunus; 101 dan QS Al-Baqarah; 164. · Mampu menterjemahkan Q.S. Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 | Jenis tagihan Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian singkat | 2 jam | terjemah. - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. | |||
7.3 Melakukan pengembangan iptek seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164 | · Al Quran surat Yunus; 101 · Al Quran Surat Al Baqarah: 164 | · Mendiskusikan Al Quran tentang pengembangan IPTEK · Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK | · Mampu menggali kandungan Al Quran tentang pengembangan IPTEK · Menerapkan QS Yunus : 101 dan QS Al Baqarah : 164 tentang pengembangan IPTEK | Jenis tagihan : Ulangan Tugas individu Bentuk instrumen Lembar pengamatan | 2 jam | - Al-Quran dan terjemah. - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. |
Guru Mata Pelajaran
Al Asy'ari, S.Ag
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
K e l a s : XII Program IPA – IPS
Semester : 2 ( Genapl )
Standar Kopetensi : 8. Meningkatkan keimanan kepada Qodho dan Qodar
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | TT | KMTT | |||||||
8.1 Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar | Iman kepada qadha dan qadar : - Tanda-tanda keimanan kepada qadha dan qadar. |
| Siswa diberi tu Gas untuk meng identifika Si Qodho dan Qodar. | Siswa diberi tugas untuk men Diskusikan tanda Tanda keimanan Kepada Qodho dan Qodar. |
| Sikap dan prilaku Yang patuh dalam Menjalankan agama Yang dianutnya. | Jenis tagihan Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian bebas | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. |
8.2 Menerapkan hikmah beriman kepada qadha’ dan qadar | Hikmah beriman kepada qadha dan qadar. |
|
| Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian singkat Lembar pengamatan | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. |
Guru Mata Pelajaran
Al Asy'ari, S.Ag
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
K e l a s : XII Program IPA – IPS
Semester : 2 ( Genap )
Standar Kopetensi : 9. Membiasakan prilaku terpuji
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | TT | KMTT | |||||||
9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud persatuan dan kerukunan | Persatuan dan Kerukunan : · Pengertian dan maksud persatuan. · Pengertian dan maksud kerukunan |
| Siswa diberi tugas diskusi Tentang persa Tuan dan keru Kunan. | Siswa diberi tugas untuk membuat daftar Kegiatan di ma Syarakat yang Mencerminkan persatuan dan kerukunan. |
| Sikap, perkataan, Dan tindakan yang Menyebabkan Orang lain merasa Senang dan aman Atas kehadiran Dirinya. | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian singkat | 2 jam | - Al-Quran dan terjemah. - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. |
9.2 Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan | · Contoh perilaku Persatuan · Contoh perilaku Kerukunan |
|
| Jenis tagihan : Perilaku individu Bentuk instrumen Lembar pengamatan | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. | |||
9.3 Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari | Persatuan dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari. |
|
| Jenis tagihan : Perilaku individu Bentuk instrumen Lembar pengamatan | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. |
Guru Mata Pelajaran
Al Asy'ari, S.Ag
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
K e l a s : XII Program IPA – IPS
Semester : 2 ( Genap )
Standar Kopetensi : 10. Menghindari prilaku tercela
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | TT | KMTT | |||||||
10.1. Menjelaskan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | Perilaku tercela Pengertian : · Isyrof · Tabzir · Ghibah · Fitnah | · Merumusukan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah · Mendiskusikan pengertian isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | Siswa diberi tugas untuk Mengidentifika Si Isyrof, Tabdir Gibah, dan Fit Nah. | Siswa diberi tu Gas untuk meng Identifikasi perila Ku isrof dalam ke Giatan sehari-hari. | · Mampu menjelaskan pengertian isyrof · Mampu menjelaskan pengertian tabzir · Mampu menjelaskan pengertian ghibah. · Mampu menjelaskan pengertian fitnah | Sikap dan prilaku Yang patuh dalam melaksana Kan ajaran agama yang dia- Nutnya. | Jenis tagihan Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian singkat | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. - Internet. |
10.2 Menjelaskan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | Contoh perilaku : · Isyrof · Tabzir · Ghibah · Fitnah | · Mengidentifikasi contoh-contoh perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah · Mendiskusikan contoh perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | · Mampu menjelaskan contoh perilaku isyrof · Mampu menjelaskan contoh perilaku tabzir · Mampu menjelaskan contoh perilaku ghibah · Mampu menjelaskan contoh perilaku fitnah | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian singkat | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. | |||
10.3 Menghindari perilaku isyraf, tabzir, ghibah, dan fitnah dalam kehidupan sehari-hari | Menghindari perilaku : · Isyrof · Tabzir · Ghibah · Fitnah | · Mengkaji faktor-faktor buruk perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah · Mengkaji cara-cara menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah · Membiasakan menghindari perilaku isyrof, tabzir, ghibah, dan fitnah | · Mampu menghindari perilaku isyraf. · Mampu menghindari perilaku tabzir · Mampu menghindari perilaku ghibah · Mampu menghindari prilaku fitnah · Mampu menunjukkan akibat dari isyraf, tabzir, ghibah dan fitnah | Jenis tagihan : Sikap individu Bentuk instrumen Lembar pengamatan | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. |
Guru Mata Pelajaran
Al Asy'ari, S.Ag
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
K e l a s : XII Program IPA – IPS
Semester : 2 ( Genap )
Standar Kopetensi : 11. Memahami hukum Islam tentang Mawaris
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | TT | KMTT | |||||||
11.1 Menjelaskan Ketentuan ketentuan hukum Mawaris | Ketentuan hukum Waris:
| Mengkaji dan mendiskusikan tentang ketentuan hukum waris berdasarkan pada perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. | Siswa diberi tu Gas mendisku Sikan tentang Undang-undng Mawaris di Indo Nesia. | Siswa diberi tugas untuk mengidentifikasi Ahli waris di kelu Arganya masing Masing. |
| Sikap dan prilaku Yang patuh dalm Melaksanakan Ajaran agama yang dianutnya. | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian bebas. | 2 jam | - Al-Quran dan terjemah. - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. |
11.2 Menjelaskan Contoh Pelaksanaan hukum waris | Contoh pelaksanaan hukum waris
|
|
| Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian bebas | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Buku-buku yang relevan. |
Indramayu, Juni 2011
Guru Mata Pelajaran
Al Asy'ari, S.Ag
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMA PGRI 2 SINDANG
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
K e l a s : XII Program IPA – IPS
Semester : 2 ( Genap )
Standar Kopetensi : 12. Memahami perkembangan Islam di dunia.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIAATAN PEMBEL AJARAN | INDIKATOR KOMPETENSI | DESKRIPSI NILAI BKB | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TM | TT | KMTT | |||||||
12.1 . Menjelaskan Perkembangan Islam di dunia | Perkembangan Islam di dunia |
| Siswa diberi tu Gas untuk mendiskusikan Perkembangan Islam di dunia. | Siswa diberi tugas untuk mencari literature Tentang perkembangan islam di dunia. |
| Sikap dan tinda Kan yang selalu Berupaya untuk mengetahui le Bih mendalam Dan meluas dari Sesuatu yang Dipelajarinya, Dilihat dan dide Ngarnya. | Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian bebas | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Internet - Buku-buku yang relevan. - Internet |
12.2 . Menampilkan Contoh Perkembangan Islam di dunia | Perkembangan Islam di dunia |
|
dunia
| Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian singkat | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Internet - Buku-buku yang relevan. | |||
12.3 . Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia | Hikmah perkembangan Islam di dunia |
|
| Jenis tagihan : Tugas individu Ulangan Bentuk instrumen Uraian bebas | 2 jam | - Buku PAI kelas XII - Internet - Buku-buku yang relevan. | |||
Guru Mata Pelajaran
Al Asy'ari, S.Ag
Tidak ada komentar:
Posting Komentar